CERITA PERJALANAN KFJ (DIKLATAM Mahapena 2016)

Kegitan dimulai dengan berkumpulnya anggota muda di sekretariat Mahapena. Namun ada dua anggota muda yang sudah terlebih dahulu berangkat ke Taman Nasional Baluran yaitu vian dan misbah,  dan dua orang anggota muda yang tidak mengikuti kegiatan dengan alasan akmel yang sedang sakit dan alief yang mengikuti workshop di Tulungagung. Dan ada empat anggota muda yang masih berhalangan untuk berangkat dikarenakan kuliah  yaitu dona, dimas , dita , dan alan. Setelah semua anggota berkumpul , maka dilakukan doa dan foto bersama yang kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menuju Taman Nasional Baluran. Perjalanan ditempuh selama 3jam 30menit dengan mengendarai sepeda motor.
Sesamainya di Taman Nasional Baluran , anggota muda membersihkan camp berupa gazebo di loket masuk taman nasional. Setelah itu tim konsumsi mempersiapkan makanan dan yang lain melanjutkan bersih-bersih. Karena tim lupa membawa kertas minyak , maka tim terpaksa makan menggunakan alas plastik kresek merah. Saat malam hujan turun , sedangkan empat anggota trakhir masih belum datang. Sesampainya mereka di Taman nasional aluran , kegiatan dilanjutkan evaluasi dan briefing dan kemudian istirahat.
Kegiatan yang dijadwalkan pada jam setengah lima molor hingga jm lima. Perjalanan pertama menuju savana Bekol utuk kegiatan pengamatan burung. Setelah pengamatan burung , kegiatan dilanjutkan dengan sarapan. Setelah sarapan selesai , perjalanan dilanjutkan ke hutan pantai Bama untuk melakukan Analisis Vegetasi , dalam melakukan analisis vegetasi , anggta muda di bagi menjadi dua kelompok. Analisis vegetasi yang pertama dlakukan dengan metode berpetak. Setelah analisis vegetasi , kegiatan dilanjutkan dengan ishoma yang dilakukan di tepi pantai Bama. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan analisis vegetasi metode kuadran. Seluruh kegiatan berjalan dengan lancar meski terdapat beberapa barang yang tertinggal.
Setelah  kegiatan analisis vegetasi dilakukan maka anggota muda kembali ke camp untuk melakukan ishoma dan mck yang dilanjutkan dengan evaluasi kgiatan konservasi.





Komentar